Bahaya Garam Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

By | June 15, 2017

Bahaya Garam Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Anda Harus Tahu Bahaya Garam Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Bahaya Garam Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi memang suatu penyakit yang sangat ditakuti oleh semua masyarakat. Beberapa sebagian orang pun rela berkorban untuk menghindari makanan yang dapat memicu datangnya tekanan darah tinggi. Bahaya Garam Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi juga sangat perlu diketahui banyak orang agar kita terhindar dari penyakit darah tinggi. 

Penyakit darah tinggi merupakan suatu kondisi medis dimana adanya tekanan darah terhadap dinding arteri (pembuluh darah bersih) yang memicu datangnya penyakit lain seperti serangan jantung dan stroke. Penyakit darah tinggi merupakan penyakit yang sulit untuk diketahui gejalanya. Maka dari itu penyakit darah tinggi sering dikenal sebagai “Silent Killer”. Tekanan darah tinggi biasanya dapat berkembang selama bertahun-tahun tanpa memiliki gejala. Lakukan pemeriksanaan tekanan darah anda setidaknya 5 tahun sekali sehingga anda dapat mengetahui perkembangan tekanan darah anda sendiri.

Menjaga pola hidup sehat dan menghindari jenis makanan yang memicu datangnya tekanan darah tinggi merupakan suatu kegiatan penting yang harus dilakukan agar anda tidak terkena penyakit darah tinggi (hipertensi). Salah satu contoh agar anda terhindar dari penyakit hipertensi (darah tinggi) yaitu dengan mengurangi makanan yang mengandung garam berlebih.

Garam (Natrium Klorida) merupakan sejenis mineral yang memiliki rasa asin. Garam alami memiliki bentuk lain yaitu berupa mineral kristal yang dikenal sebagai batu garam atau halite. Garam didapatkan dari hasil pengeringan air laut sehingga menjadi butiran-butiran kristal mineral yang berasal dari air laut. 

Kandungan mineral yang terdapat dalam garam yang biasa dikonsumsi diantaranya : Yodium, Fosfor, Cobalt, Kalsium, Kalium, Zinc, Sulfur, Chlor, Magnesium, Mangan, Natrium, Tembaga, dan Flour. Tubuh hanya membutuhkan asupan garam sekitar 500 mg/hari. Sedangkan asupan garam bagi seseorang yang memiliki penderita hipertensi (darah tinggi) dibatasi dengan tidak lebih dari 1500 mg/hari atau setara dengan 1/3 sdt.

Fungsi Garam Untuk Tubuh Manusia

Sebenarnya garam memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh manusia. Karena kandungan Yodium yang terdapat dalam garam dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, membantu dalam transmisi impuls saraf ke otak serta berperan aktif dalam kontraksi dan relaksasi otot dan membantu perkembangan kecerdasan pada anak dalam masa pertumbuhannya. Selain itu, kandungan Yodium juga dapat mencegah dari berbagai jenis penyakit seperti gondok.

Dalam olahan masakan, garam memegang peranan penting dalam kunci cita rasa makanan. Garam berfungsi sebagai penguat rasa dan pemberi rasa asin serta gurih terhadap makanan. Tidak hanya itu, garam juga berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya bakteri dalam makanan sehingga garam sering digunakan sebagai sarana pembuatan bahan makanan kering seperti ikan asin. Garam juga bermanfaat untuk penghilang aroma bau amis dari ikan, ayam dan jenis daging lainnya.

Bahaya Mengkonsumsi Garam Berlebih

Mengkonsumsi garam berlebih dapat membahayakan fungsi organ tubuh seperti ginjal. Fungsi ginjal akan bekerja lebih ekstra dalam mengolah garam serta akan menahan cairan lebih banyak yang seharusnya berada dalam tubuh. Banyaknya cairan tubuh yang tertahan akan menyebabkan tekanan volume darah terhadap dinding pembuluh darah adanya peningkatan (tekanan darah tinggi). Fakta ini telah dibuktikan dalam penelitian INTERSALT yang melibatkan lebih dari 10.000 orang pada 52 pusat studi dan penelitian rekam medis pada tahun 1994.

Selain itu, semakin banyak asupan garam yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan asupan natrium juga semakin banyak. Natrium yang masuk ke dalam tubuh dengan dosis banyak akan menyebabkan penimbunan di area dinding pembuluh darah sehingga terjadi penyempitan terhadap pembuluh darah. Ketika pembuluh darah mengalami penyempitan, jantung akan bekerja lebih ekstra untuk memompa agar darah bisa mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh. Hal seperti ini bisa juga disebut dengan tekanan darah tinggi.

Apabila anda mencari obat herbal yang tentunya sangat ampuh dalam mengontrol tekanan darah sehingga anda terhindar dari penyakit Darah Tinggi (Hipertensi). Anda dapat mengunjungi website -> Obat Darah Tinggi Herbal

Baca juga :

Obat Telinga Berdenging Di Apotik

Obat Rematik Tulang Kaki

Obat Sakit Kepala Belakang Di Apotik

Posted by : Obat Darah Tinggi Di Apotik

Bahaya Garam Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

hubungan garam dan hipertensi mengapa penderita hipertensi harus mengurangi konsumsi garam hubungan konsumsi garam dan hipertensi pengganti garam untuk penderita hipertensi pengaruh garam terhadap tekanan darah penderita hipertensi hubungan konsumsi garam dan hipertensi pengaruh garam terhadap tekanan darah penderita tekanan darah tinggi hubungan natrium dengan hipertensi pengaruh garam terhadap tekanan darah penderita darah tinggi hubungan garam dan darah tinggi mengapa penderita tekanan darah tinggi harus mengurangi konsumsi garam

2 thoughts on “Bahaya Garam Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

  1. Pingback: Bahaya Mie Instan Terutama Bagi Hipertensi Jika Dikonsumsi

  2. Pingback: Benarkah Penderita Darah Tinggi Harus Jauhi Gula Juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *