Bahaya Mie Instan Terutama Bagi Hipertensi

By | September 16, 2017

Bahaya Mie Instan Terutama Bagi Hipertensi

Selamat datang kembali di website kami, setelah kemarin kami membahas tentang KENTANG TURUNKAN DARAH TINGGI ATAU PICU DARAH TINGGI kali ini kami akan membahas tentang Bahaya Mie Instan Terutama Bagi Hipertensi Berikut informasinya.


Bahaya Mie Instan Terutama Bagi Hipertensi – Seseorang dikatakan menderita hipertensi ialah saat 140/90 mmHg padahal normalnya tekanan darah itu dibawah 120/mmHg. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mempunyai tekanan darah tinggi, semakin bertambah umur kemungkinan Anda terkena hipertensi juga semakin meningkat.

Bahaya Mie Instan Terutama Bagi Hipertensi

Mie instan makan yang banyak penggemarnya ini sangat mudah  dijumpai, harganya yang murah serta banyaknya varian rasa saat ini membuat mie instan banyak digilai terutama anak-anak kosan saat akhir bulan. Makanan ini banyak dicari saat hujan turun. Walau sudah bukan rahasia umum lagi bila mie instan mengandung bahaya, nyatanya makanan ini masih saja banyak dikonsumsi oleh banyak orang terutama pelajar dan mahasiswa. Atau mereka yang sibuk dan tak memiliki waktu yang banyak untuk memasak.

Ternyata dibalik kepraktisan yang disuguhkan ada bahwa yang terkandung. Berdasarkan hasil penelitian mie instan bisa meningkatkan risiko perubahan metabolik yang terkait dengan diabetes militus, penyakit jantung dan stroke.

Sebuah riset yang dilakukan pada perempuan di Korea Selatan yang merupakan kelompok konsumsi mie instan (ramen) terbesar di dunia, tercatat orang-orang disana telah mengkonsumsi 3,4 miliar paket ramen mie instan pada tahun 2010. Sang peneliti menuturkan meskipun mie instan adalah makan yang praktis dan enak, mungkin akan ada peningkatan risiko sindrom metabolik karena mie instan banyak mengandung sodium (natrium) yang tinggi, lemak jenuh yang tidak sehat serta glikemik.

Hasilnya, wanita yang makan mie instan dua kali dalam seminggu atau bahkan lebih memiliki risiko lebih tinggi terkena sindrom metabolik daripada mereka yang lebih jarang atau sedikit. Orang dengan sindrom metabolik cenderung mempunyai tekanan darah tinggi atau kadar gula darah tinggi, dan meningkatnya risiko penyakit jantung, stroke serta diabetes melitus.

Mie instan merupakan makanan olahan, makanan olahan umumnya mengandung gula dan garam yang tinggi. Itu terjadi karena makanan ini disiapkan untuk memiliki masa simpan yang cukup lama atau awet. Hal inilah yang tidak baik untuk kesehatan.

Tips Makan Mie Instan Sehat

Ada beberapa cara agar mie instan tidak terlalu memberikan efek yang bahaya :

  • Jangan makan mie instan terlalu sering apalagi setiap hari, usahakan seminggu sekali atau jika bisa dua minggu sekali,
  • Jangan terlalu banyak atau makan dengan porsi yang kecil,
  • Campur mie instan dengan sayuran sehat atau makanan segar (bukan olahan),
  • Jangan makan mie instan dibarengi dengan nasi, itu bisa menyebabkan gula darah naik dan meningkatkan resiko diabetes.

Intinya boleh makan mie instan asal jangan dijadikan makanan pokok atau utama apalagi jika dimakan secara rutin.

Bahaya mie instan untuk penderita hipertensi

Ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita hipertensi untuk tetap menjaga tekanan darahnya agar tidak semakin tinggi. Semua orang sudah tau bahwa penderita tekanan darah tinggi harus menjauhi garam. Tapi apakah kalian tau penderita hipertensi juga tidak boleh mengkonsumsi mie instan.

Sudah bukan rahasia umum bila mie instan salah satu makanan yang paling banyak mengandung MSG yaitu sekitar 1500 mg sodium per bungkusnya. Tak hanya kandungan sodium yang tinggi kandungan lemaknya juga tinggi yaitu 14 gram lemak. Mie instan akan menaikkan atau memacu tekanan darah tinggi ini terjadi karena zat kimia berbahaya di dalamnya yang tidak terlihat.

Mengkonsumsi satu bungkus mie instan atau mie cup sudah mengandung hampir 90% garam yang boleh dikonsumsi dalam sehari, dan tinggal 10% dari sumber makanan yang lainnya. Kandungan natrium yang terdapat dalam mie instan bahkan setara dengan 2622 mg garam dapur. Inilah yang menyebabkan mie instan bahaya untuk penderita Hipertensi.

Orang yang memiliki tekanan darah tinggi hanya boleh mengkonsumsi 2000 mg garam dapur, tidak lebih. Nah bisa dibayangkan dengan Anda mengkonsumsi mie instan saja Anda telah melebihi batas konsumsi garam bukan.

Ingat kadar garam dalam 1 bungkus mie instan setara dengan 50% angkan kecukupan gizi (AKG) orang yang tidak memiliki hipertensi. Yang artinya bagi penderita hipertensi ini sudah lebih dari 100% AKG. Maka jika Anda ingin darah tinggi tidak semakin buruk jauhi konsumsi mie instan.

Untuk Anda yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi kami lebih menyarankan untuk mengobati-nya menggunakan obat herbal hipertensi yang sudah terbukti dan tidak menimbulkan efek samping. Untuk informasi lebih lanjut klik -> Obat Darah Tinggi Di Apotik

Baca juga :

Obat Telinga Berdenging Di Apotik

Obat Rematik Tulang Kaki

Obat Sakit Kepala Belakang Di Apotik

Kentang Turunkan Darah Tinggi Atau Picu Darah Tinggi

Ketahui Bahaya Kafein Untuk Penderita Hipertensi

Posted by : Obat Hipertensi Yang Bagus

Bahaya Mie Instan Terutama Bagi Hipertensi

2 thoughts on “Bahaya Mie Instan Terutama Bagi Hipertensi

  1. Pingback: Sering Konsumsi Mi Instan Dicampur Nasi? Ini Dampaknya - Beritakoe

  2. Pingback: Susu Bisa Turunkan Hipertensi? Susu Yang Bagaimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *