Cara Mengatasi Darah Tinggi Saat Kambuh

By | August 19, 2017

Cara Mengatasi Darah Tinggi Saat Kambuh

Cara Mengatasi Darah Tinggi Saat Kambuh –¬†Tekanan darah tinggi, atau di dunia medis disebut hipertensi, adalah kelainan sistem peredaran darah yang bisa menyebabkan tekanan darah naik di atas nilai normal 140/90 mmHg.¬†Meningkatnya tekanan darah (hipertensi) adalah sesuatu yang seharusnya tidak dianggap biasa mengingat ini adalah sinyal ancaman serius bagi Anda. Bahkan darah tinggi yang bisa dianggap sebagai silent killer adalah penyakit yang diam-diam mengancam nyawa.

Cara Mengatasi Darah Tinggi Saat Kambuh

Orang yang mengalami hipertensi biasanya tidak mengalami gejala atau tanda apapun kecuali sudah tingkat berat atau kronis. Faktor yang dapat meningkatkan risiko hipertensi pada seseorang meliputi usia, obesitas, asupan garam tinggi, alkohol, merokok, diabetes, dan keturunan / genetika.

“Hipertensi tidak memiliki gejala apapun, oleh karena itu harus sering mengendalikan rutinitas tensi darah, tidak sekali dalam setahun, biasanya gangguan saraf. Keluhan tergantung pada organ yang terkena hipertensi ini,” kata Dr. Rully MA Roesli, Sp.PD. -KGH, mantan ketua Asosiasi Hipertensi Indonesia (20/3/2013).

Lantas bagaimana jika Ibu, atau orang lain, tiba-tiba memiliki tekanan darah tinggi? Berikut cara menangani dulu:

  • Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan napas sehingga Ibu tidak kekurangan oksigen terasa lebih tenang.
  • Jika Anda berada dalam lingkungan yang penuh tekanan, pergilah dari sana. Pergilah ke lingkungan yang lebih santai seperti kebun atau kebun yang berisik.
  • Jika hidung ibu Anda berdarah, tempatkan air dingin (atau es batu) di dahi untuk menghentikan mimisan.
  • Konsumsilah minuman yang mengandung kadar potassium tinggi untuk mengimbangi kadar natrium dalam tubuh tinggi, sehingga tekanan darah menurun. Misalnya jus buah tanpa garam.

Selain pengobatan pertama untuk hipertensi, yang juga penting untuk diingat adalah cara pencegahannya. Makan makanan seimbang dan sehat, dan kurangi asupan garam Anda. Kurangi berat badan jika Anda kelebihan berat badan / obesitas. Minum banyak air putih setiap hari, dan jangan lupa berolahraga minimal 2,5 jam per minggu. Yang terpenting, jangan merokok dan batasi konsumsi alkohol Anda

Menurut Dr. Rully, hipertensi bisa menimbulkan berbagai efek pada tubuh. Misalnya jika berkembang menjadi stroke, maka gejalanya biasanya sering sakit kepala. Sementara jika mempengaruhi jantung, benturan menjadi sesak nafas. Jika begini, maka tindakan terbaiknya adalah segera bawa pasien ke dokter.

“Jantung, stroke, ginjal adalah yang terburuk, yang lain bisa mempengaruhi retina mata, cara mengendalikannya adalah berolahraga, makan sehat, pengendalian rutin,” jelas Dr. Rully.

Jika pasien pernah mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, Dr. Muhammad Yamin, SpJP (K), FACC, FSCAI menganjurkan agar pasien perlu ditenangkan. Menurut dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, pikiran perlu ditenangkan karena kontrol tubuh ada di otak.

Tujuan utama gangguan ini tidak mempengaruhi bagian tubuh lainnya. Jika sudah tenang, pasien baru bisa diberi perawatan lebih lanjut. Bila sudah diresepkan obatnya, bisa diberikan obat yang biasa dikonsumsi.

“Jika tekanan darahnya tidak sampai 200, pasti dibawa ke rumah sakit untuk mencegah terjadinya bahaya seperti pembuluh darah yang pecah,” kata Dr. Yamin. Dan untuk mencegah penyakit darah tinggi yang Anda kambuh maka Anda bisa melakukan beberapa hal sebagai pencegahan, yaitu:

  • Makan makanan seimbang dan sehat, dan kurangi asupan garam Anda.
  • Kurangi berat badan jika Anda kelebihan berat badan / obesitas
  • Minum banyak air setiap hari
  • Olahraga minimal 2,5 jam setiap minggu.
  • Hindari makanan yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa cara mengatasi darah tinggi saat kambuh beserta cara mencegahnya. Seperti yang kita tahu, bahwa penyakit darah tinggi ini sangat berbahaya. Maka dari itu, bagi anda yang memiliki penyakit hipertensi diharuskan mengkonsumsi obat penurun darah tinggi agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk pengobatan darah tinggi, kami merekomendasikan obat darah tinggi herbal yang sudah terbukti mampu mengobati darah tinggi secara alami tanpa efek samping yang membahayakan tubuh yaitu QnC Jelly Gamat. Informasi selengkapnya mengenai khasiat QnC Jelly Gamat dalam menyembuhkan darah tinggi silahkan klik -> Obat Darah Tinggi Di Apotik

Baca juga :

Obat Telinga Berdenging Di Apotik

Obat Rematik Tulang Kaki

Obat Sakit Kepala Belakang Di Apotik

Cara Mengatasi Darah Tinggi Di Usia Muda

Cara Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat

Posted by : Obat Hipertensi Yang Bagus

Cara Mengatasi Darah Tinggi Saat Kambuh

One thought on “Cara Mengatasi Darah Tinggi Saat Kambuh

  1. Pingback: Cara Mencegah Hipertensi Yang Wajib Di Ketahui Oleh Semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *