Diet DASH Untuk Hipertensi

By | September 25, 2017

Diet DASH Untuk Hipertensi

Ketahui Inilah Diet DASH Untuk Hipertensi

Diet DASH Untuk Hipertensi

Diet DASH Untuk HipertensiBanyak cara yang bisa dilakukan penderita tekanan darah tinggi untuk mempercepat pemulihan atau penyembuhan. Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan penderita hipertensi untuk mempercepat penyembuhan. Diet DASH ialah pola makan sehat terbaru yang telah terbukti bisa membantu mengurangi tekanan darah serta kolesterol.

Ternyata diet DASH juga berefek positif kepada beberapa penyakit diantaranya stroke, obesitas, serta diabetes dan mampu melindungi tubuh dari penyakit osteoporosis, kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Diet DASH secara sederhananya ialah :

  • Konsumsi lebih banyak buah, sayuran, serta makanan susu rendah lemak,
  • Mengurangi makanan yang kaya akan lemak jenuh, kolesterol, serta lemak trans,
  • Lebih banyak makan makanan gandum, ikan, unggas, serta kacang-kacangan,
  • Batasi konsumsi sodium, permen, minuman manis, serta daging merah.

Riset yang disponsori oleh NIH (National Institutes of Health) membeberkan bahwa diet sehat ini bisa menurunkan tekanan darah sebaik obat-obatan serta dalam waktu yang relatif cepat. Tak sedikit orang yang melakukan diet DASH mengalami penurunan tekanan darah hanya dalam waktu 14 hari atau sekitar 2 minggu.

Diet DASH Untuk Hipertensi

Tak sedikit penderita hipertensi juga mengalami penyakit lain seperti penyakit jantung. Tak perlu khawatir karena diet DASH ini tinggi akan serat serta kaya akan vitamin dan mineral. Diet ini juga bisa membantu menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah, serta mengurangi risiko terkena kanker.

Berikut panduan umum untuk diet DASH :

  • Konsumsi karbohidrat dari biji-bijian sebanyak 2-3 porsi/hari misal roti gandum (1 porsi sekitar 1 lembar roti), sedangkan nasi, pasta, sereal (1 porsi sekitar 1 cup dalam kondisi matang). Sebaiknya ganti nasi putih menjadi nasi merah, bila ingin pasta pilih yang dari gandum utuh, untuk roti gandum jangan ditambahkan keju, coklat ataupun mentega.
  • Sayuran sekitar 4-5 porsi/hari usahakan yang kaya akan serat, vitamin, kalium serta magnesium, seperti,  tomat, wortel, brokoli, ubi, sayuran hijau (1 porsi sekitar 100 gram dalam kondisi mentah). Pilih sayuran segar dibanding sayuran beku.
  • Buah sekitar 2-3 porsi/hari seperti pisang (1 porsi buah sekitar 80-100 gram dalam kondisi segar). Sebaiknya jangan mengupas kulit buah sebab itu mengandung banyak nutrisi. 
  • Produk susu seperti, susu, yoghurt, keju sebanyak 1-2 porsi/hari, ini sebagai sumber vitamin D serta kalsium. Pilih produk susu atau olahan susu yang rendah lemak (1 porsi susu sekitar 200-250 ml).
  • Daging tanpa lemak, unggas serta ikan sebaiknya kurang dari 4 porsi/hari ini sebagai sumber protein, vitamin B, zat besi dan zinc. (1 porsi sekitar 1 ons saja).
    Buang kulit daging sebab banyak mengandung lemak, jika bisa hindari cara pengolahan dengan cara digoreng. Pilih ikan yang tinggi kandungan asam lemak omega-3.
  • Kacang-kacangan seperti, almond, biji bunga matahari, produk kedelai (tahu-tempe) sekitar 5 porsi/minggu (1 porsi kacang sekitar 2 sendok makan).
  • Lemak dan minyak sebanyak 2-3 porsi/hari atau sekitar 25-27% dari kebutuhan kalori sehari. (1 porsi sekitar 1 sendok teh). Batasi konsumsi daging, mentega, keju, susu, krim, serta telur dan makanan olahan minyak kelapa.
  • Gula maupun makanan manis ini sekitar kurang dari 200 kalori/hari seperti gula pasir atau selai, ukuran 300 kalori yaitu sekitar 3 sendok makan. Hindari makanan atau minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan.
  • Untuk penggunaan garam sebanyak 4 gram/hari atau sekitar 1 sendok teh.
  • Berolahraga secar rutin minimal 30-45 menit setiap harinya.
  • Tidur secara cukup, jangan begadang.
  • Konsumsi air putih yang cukup minimal 8 gelas/hari. Hindari kafein baik teh atau kopi.

Diet DASH diyakini bisa menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal dan membantu mencegah risiko untuk mencegah mengalami hipertensi kembali. Prinsip diet DASH ialah meningkatkan jumlah serat serta mengurangi lemak dan kadar gula dalam darah. Melalui asupan sehat yang sudah ditetapkan.

Itulah tadi informasi diet DASH untuk Hipertensi, bagi Anda yang sudah melakukan berbagai cara namun tekanan darah tinggi tidak kunjung sembuh. Kami menyarankan menggunakan obat herbal QnC Jelly Gamat obat herbal yang sudah terbukti mengatasi penyakit tekanan darah tinggi serta tidak menimbulkan efek samping karena 100% menggunakan bahan alami. Untuk Informasi lebih lanjut klik -> Obat Darah Tinggi Di Apotik

Baca juga :

Obat Telinga Berdenging Di Apotik

Obat Rematik Tulang Kaki

Obat Sakit Kepala Belakang Di Apotik

Turunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Air Kelapa Muda

Tanaman Obat Hipertensi

Posted by : Obat Hipertensi Yang Bagus

Diet DASH Untuk Hipertensi

2 thoughts on “Diet DASH Untuk Hipertensi

  1. Pingback: Bahaya Gorengan Khususnya Bagi Penderita Darah Tinggi

  2. Pingback: Turunkan Hipertensi Dengan Yoghurt Secara Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *