Manfaat Pisang Untuk Penderita Darah Tinggi

By | May 18, 2017

Manfaat Pisang Untuk Penderita Darah Tinggi

Apakah anda tahu buah pisang ? Ya, Tentu.

Manfaat Pisang Untuk Penderita Darah Tinggi

Ternyata Manfaat Pisang Untuk Penderita Darah Tinggi sudah terkenal dimana-mana. Selain rasanya enak dan teksturnya lembut, pisang mempunyai sejuta manfaat untuk tubuh. Tetapi alangkah baiknya kita mengetahui dulu mengenai pisang secara mendetail. Selamat Menyimak dan Semoga Bermanfaat

Sejarah Buah Pisang

Buah pisang berasal dari kawasan Asia Tenggara yang menjadi salah satu buah terpopuler di dunia. Para ahli berpendapat bahwa budidaya pisang lebih mendahului budidaya padi. Hal ini dinyatakan bahwa domestika pertama terjadi di daratan tinggi Papua Nugini. Bukti tertulis paling awal yaitu keberadaan pisang dalam tulisan-tulisan Buddhis Pali dari abad ke-6 masehi.

Pisang yang ada saat ini,sebenarnya merupakan strain mutan yang ditemukan pada tahun 1836 oleh Jean Francois Poujot di Jamaika. Pada 327 SM, Alexander Agung dan pasukannya menemukan pisang dalam perjalanan mereka mulai dari India hingga ke dunia barat khususnya ke negara Mediterania.

Potensi pemasaran pisang ditemukan pada tahun 1870 oleh perusahaan Amerika dan Eropa. Saat ini, pisang merupakan salah satu buah yang paling dicari oleh dunia. Hal ini membuat budidaya pisang tersebar menjadi 170 negara yang berperan penting dalam perekonomian negara-negara berkembang.

Kandungan vitamin yang terdapat di dalam pisang sangatlah lengkap misalnya :

  • Vitamin A 300 IU/100 g
  • Vitamin B, B1, B2, B6 dan B12 100 mg/100 g
  • Vitamin E
  • Vitamin D 0.12 mg
  • Vitamin K 0.6 mg
  • Vitamin Z
  • Kalsium 100 mg/100 g
  • Fosfor 26 mg
  • Zat Besi 0.31 mg
  • Sodium 1 mg
  • Kalium (potassium) 6 mg
  • Magnesium 32 mg
  • Zink 0.18 mg

Selain mengandung vitamin yang lengkap, kandungan nutrisi dalam buah pisang juga sangat lengkap dan sangat berguna untuk tubuh manusia seperti :

  • Air 88.39 g
  • Karbohidrat 26.95 g
  • Energi 105 kkal
  • Protein 1.29 g
  • Jumlah Dietary Fiber 3.1 g
  • Jumlah Gula 14.43 g
  • Jumlah Lemak 0.38 g

Sungguh lengkap bukan ? Tentunya semua nutrisi di atas saling berkaitan satu sama lain untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Jenis dan bentuk pisang pun bermacam-macam seperti : 

  1. Pisang Raja : Memiliki aroma yang lebih harum di bandingkan pisang yang lainnya
  2. Pisang Ambon Lumut : Memiliki keunikan yaitu konsisten pada warna hijau serta memiliki aroma   yang khas
  3. Pisang Barangan : Pisang barangan adalah pisang komoditi di wilayah Sumatera Utara terutama Kabupaten Deli Serdang. Pisang jenis ini biasanya sering disajikan sebagai makanan pencuci pada acara-acara pesta
  4. Pisang Raja Sereh : Pisang jenis ini memiliki ciri yaitu memiliki warna kuning kecoklatan apabila sudah matang dan mempunyai rasa asam
  5. Pisang Mas : Sesuai dengan namanya, pisang mas mempunyai warna keemasan apabila sudah matang dan kulitnya pun tipis. Teksturnya yang halus dengan daging buah yang beraroma harum dan manis menjadikan pisang mas sangat baik untuk di konsumsi anak balita.
  6. Pidang Kepok : Mengkonsumsi pisang kepok dapat mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, pisang kepok sering dijadikan sebagai bahan utama dari pembuatan bolu atau kue.
  7. Pisang Raja Molo
  8. Pisang Cavendish : Pisang ini merupakan jenis pisang komoditi ekspor terbesar di Filiphina
  9. Pisang Kluai Hong Thong : Jenis pisang ini memiliki ukuran yang kecil dan pelepahnya berwarna merah jambu pucat.
  10. Pisang Nangka : Pisang nangka sangat populer di Indonesia dan Malaysia. Rasa dari buah pisang nangka yaitu manis dengan sedikit asam dengan aroma yang sangat harum.
  11. Pisang Tanduk : Sebutan pisang ini sangat bermacam-macam di kawasan ASEAN seperti kluai nga chang (Thailaind) dan tindok (Filiphina). Jenis pisang ini tidak enak jika dikonsumsi secara langsung namun akan berasa manis dan enak bila dimasak.
  12. Pisang Ambon Putih : Berbeda dengan pisang ambon lumut bentuk pisang ini lebih besar dengan warna kulit putih kekuningan pada saat matang. Pisang ini umumnya diberikan kepada bayi untuk makanan awal meskipun rasanya sedikit asam tetapi aroma yang harum membuat rasa asam tersebut hilang.
  13. Pisang Ambon Kuning : Pisang ambon ini mempunyai ukuran jauh lebih besar dengan bentuk pisang yang lainnya. Rasanya manis dengan aroma yang harum menjadikan buah ini sering digunakan untuk bahan pencuci mulut.
  14. Pisang Awak : Pisang awak sering dijadikan makanan pembuka untuk balita sebab pisang awak merupakan buah pisang yang sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan balita.
  15. Pisang Lampung : Sama seperti halnya pisang mas. Hanya perbedaanya terdapat pada ujung buahnya. Jika diperhatikan ujung pisang lampung lancip sedangkan pada pisang mas tumpul.
  16. Pisang Kapas : Jenis pisang ini sangat cocok untuk dijadikan produk olahan karena aromanya kurang sedap tetapi rasa yang terdapat di dalam pisang kapas ini manis.
  17. Pisang Tongkat Langit : Pisang ini ditemukan di daerah maluku. Hal yang unik dari pisang ini merupakan warna buahnya yang berwarna jingga. Menurut masyarakat setempat (maluku) pisang ini sangat mujarab untuk mengobati penyakit kuning.
  18. Pisang Kidang : Pisang kidang terkenal dengan warnanya yang merah jingga dengan daging yang berwarna putih. Rasa dari pisang kidang ini manis dan beraroma harum.
  19. Pisang Badak : Pisang badak mempunyai warna hijau kekuningan, kulit pisang badak sama hampir sama dengan pisang kapok yang tebal. Rasa pisang badak manis dengan tidak memiliki biji.
  20. Pisang Raja Uli : Pisang ini masih dalam satu spesies dengan pisang raja namun pisang ini lebih cocok untuk bahan produk olahan makanan. Karena rasanya yang manis dan begitu harum. Pisang ini enak direbus atau dijadikan gorengan untuk hidangan di sore hari

Menurut FDA (badan yang berwenang  di Amerika) telah memberikan izin terhadap kelayakan makanan pada buah pisang untuk menurunkan darah.

Berikut ini beberapa manfaat pisang untuk penderita hipertensi adalah :

  • Pisang mempunyai kadar garam yang sangat rendah
  • Kadar kalium yang terdapat di dalam pisang dapat menetralkan garam 
  • Pisang dapat menurunkan resiko menurunkan tekanan darah  tinggi
  • Pisang dapat mencegah timbulnya penyakit stroke

Selain dengan mengkonsumsi pisang, untuk menurunkan tekanan darah tinggi sebaiknya mengkonsumsi obat-obatan herbal guna mempercepat penyembuhan hipertensi. Oleh sebab itu kami disini merekomendasikan Obat Herbal Yang Ampuh Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Info selengkapnya Klik -> Obat Darah Tinggi Alami

Demikian sekilas informasi mengenai pisang. Semoga kita diberikan kesehatan selalu amiin.

Manfaat Pisang Untuk Penderita Darah Tinggi

One thought on “Manfaat Pisang Untuk Penderita Darah Tinggi

  1. Pingback: Cara Mengatasi Darah Tinggi Di Usia Muda Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *