Minuman Penurun Darah Tinggi

By | August 1, 2017

Minuman Penurun Darah Tinggi

Minuman Penurun Darah Tinggi  Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang ditakuti banyak orang. Faktor risiko yang menyebabkan seseorang terserang darah tinggi yang tidak dapat dikendalikan adalah riwayat penyakit dan juga faktor usia. Secara genetik atau keturunan memang sulit megendalikan darah tinggi sehingga wajar dilakukan adalah meminimalisasi hal-hal yang bisa membuat darah tinggi semakin parah.

Minuman Penurun Darah Tinggi

Seiring bertambahnya usia, seseorang semakin berisiko terkena tekanan darah tinggi. Namun, seseorang masih bisa melakukan intervensi terhadap faktor risiko yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Banyak jalan yang bisa dilakukan untuk mengurangi tekanan darah seperti dengan meningkatkan aktivitas fisik, makan makanan sehat (empat sehat lima sempurna), minimalkan asupan sodium dan konsumsi minuman alami. Cara sederhana yang sangat efektif dalam menurunkan darah tinggi dengan mengkonsumsi minuman herbal. Berikut adalah 6 (enam) minuman yang bisa berkontribusi terhadap penurunan tekanan darah antara lain:

6 Minuman Penurun Darah Tinggi

1. Jus Delima

Cara kerjanya: ACE adalah enzim yang meningkatkan tekanan darah dengan menciptakan protein yang disebut angiotensin II, yang menyebabkan pembuluh darah berkontraksi. Jus buah delima bertindak sebagai penghambat ACE alami, mirip dengan jenis obat yang biasa diresepkan untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung.

Dalam satu kasus, jus delima dapat mengurangi ACE sebesar 36 persen dan menurunkan tekanan darah sistolik juga. Bahkan beberapa penelitian terbaru menunjukkan secara signifikan, manfaat buah delima untuk mengurangi plak arteri (hingga 30 persen) dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

Saran: Jonny Bowden, salah satu ahli gizi menganjurkan untuk minum enam ons (177 mililiter) jus buah delima setiap hari tanpa pemanis.

2. Susu Rendah Lemak

Cara kerjanya: Defisiensi kalsium sudah lama dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Asupan kalsium yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun perlu diingat, sangat penting memilih susu yang tepat untuk hasil terbaik. Susu rendah lemak sangat kaya kalsium daripada susu full-fat. Jumlah lemak sederhana dapat membantu Anda menyerap kalsium dengan lebih mudah.

Saran: Sebagai bagian dari ritual sehat, tiga porsi susu rendah lemak terbukti mengurangi tekanan darah sistolik.

3. Jus Cranberry

Cara kerjanya: Cranberries dan cranberry juice memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat yang membantu mencegah dan mengurangi kerusakan pada pembuluh darah, sehingga mencegah peningkatan tekanan darah yang tidak diinginkan. Selain itu, jus cranberry dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Saran: Tidak ada rekomendasi standar untuk mengkonsumsi jus cranberry sebagai bagian dari rejimen harian.

4. Jus Bit

Cara kerjanya: Bit adalah sumber potasium dan folat yang baik, dua zat yang penting untuk mengatur tekanan darah. Selain itu, bit juga mengandung nitrat, yang diubah menjadi nitrit saat diserap oleh tubuh. Nitrit berkhasiat untuk membuat jaringan otot rileks dan mengurangi aliran darah. Buah bit secara alami dapat membantu kesehatan fungsi pembuluh darah dan melawan homosistein, yang dapat merusak pembuluh darah.

Saran: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi satu atau dua cangkir jus bit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan dalam waktu singkat sekitar satu jam setelah konsumsi. Penelitian di Inggris juga menyatakan bahwa jus bit sama efektifnya dengan tablet nitrat dalam mengendalikan hipertensi.

5. Teh Bunga Roselle

Cara kerjanya: Sama seperti jus delima, bunga rosella (kembang sepatu) mengandung fitokimia bioaktif yang bertindak sebagai penghambat ACE alami. Satu studi menunjukkan bahwa teh rosela sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah serta captopril – obat yang biasa digunakan untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung.

Saran: Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan secara luas, tiga bagian teh kembang sepatu secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah sistolik subjek prehipertensi. Minum tiga gelas sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Air

Cara kerjanya: Minum air putih adalah cara yang sederhana, murah, sehat dan paling efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah. Dehidrasi kronis menyebabkan pembuluh darah berkontraksi sehingga jantung bekerja lebih keras, dan pada akhirnya menyebabkan lonjakan tekanan darah.

Saran: Kebanyakan orang mungkin pernah mendengar rekomendasi yang mengatakan minum delapan gelas per hari. Tapi untuk pendekatan yang lebih personal, itu bisa disesuaikan dengan berat badan Anda. Caranya: berat dibagi dua (tapi dalam bentuk ounce). Misalnya, seseorang dengan berat 150 pon atau sekitar 68 kg harus memenuhi kebutuhan asupan air minimal 75 ounces atau sekitar 2 liter per hari.

Itulah beberapa minuman yang diketahui dapat menurunkan darah tinggi secara alami. Selain mengkonsumsi minuman di atas, penderita darah tinggi juga diharuskan untuk tetap mengkonsumsi obat darah tinggi agar penyembuhan dapat dilakukan secara maksimal.

Untuk pengobatannya kami menyarankan untuk mengkonsumsi obat herbal QnC Jelly Gamat yang sudah terbukti mampu mengatasi darah tinggi secara alami tanpa efek samping yang membahayakan tubuh. Informasi selengkapnya mengenai khasiat QnC Jelly Gamat dalam mengatasi darah tinggi silahkan klik -> Obat Darah Tinggi Di Apotik

Baca juga :

Obat Telinga Berdenging Di Apotik

Obat Rematik Tulang Kaki

Obat Sakit Kepala Belakang Di Apotik

Resep Masakan Untuk Penderita Hipertensi

Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi

Posted by : Obat Hipertensi Yang Bagus

Minuman Penurun Darah Tinggi

2 thoughts on “Minuman Penurun Darah Tinggi

  1. Sudarto

    Yang sangat sukai untuk menurunkan darah tinggi dengan memperbanyak minum air putih. Cara mendapatkannya mudah dan harganya murah. Yang dituntut adalah kita bersedia mematuhi aturan minum air putih, yakni setidaknya 2 liter atau 5 – 6 gelas air putih.

    Tetapi, dari pengalaman saya yang telah 27 tahun menderita darah tinggi, memperbanyak minum air putih harus dibarengi dengan diet. Yaitu, meninggalkan makanan dan minuman yang bisa menyebabkan tekanan darah naik (tinggi).

    Diet adalah cara yang paling efektif untuk menurunkan darah tinggi. Tensi saya pernah mencapai 190/105 mmHg. Tetapi, alhamdulillah, Juni 2017 lalu saya periksa dokter dan hasilnya tensi saya dinyatakan normal.

    Tentu saja, saya sangat bersyukur. Saya kembali sehat. Tetapi, saya tetap hati-hati. Tidak ingin berbuat ceroboh dengan makan sembarangan. Saya tetap diet darah tinggi seperti permintaan dokter yang memeriksa saya 6 tahun lalu.

    Mengonsumsi buah dan makanan sebagaimana dijelaskan dalam artikel di atas jelas sangat menarik. Hanya saja, umumnya orang enggan membuat obat darah tinggi tradisional itu. Lebih suka membeli pil di apotek karena dianggapnya lebih manjur dan praktis.

    Padahal, pengobatan alami atau tradisional dengan memanfaatkan buah atau tanaman obat lebih orisinil dan sehat karena tanpa efek samping. Meskipun daya sembuhnya tidak secepat obat resep dokter. Tetapi bisa mengobati penyakit sampai ke akar-akarnya. Terima kasih.

    Reply
    1. admin2 Post author

      Iya betul sekali, air putih memang sangat bermanfaat bagi tubuh.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *