Penyebab Darah Tinggi Di Usia Muda

By | July 13, 2017

Penyebab Darah Tinggi Di Usia Muda

Penyebab Darah Tinggi Di Usia Muda Darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang sering dialami oleh orang lanjut usia atau memiliki usia 60 tahun ke atas. Namun, tahukah anda bahwa darah tinggi dapat terjadi pada usia muda?

Penyebab Darah Tinggi Di Usia Muda

Darah tinggi pada usia muda dapat terjadi antara usia 13 sampai 18 tahun. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013 menyatakan bahwa penderita hipertensi yang berusia di atas 18 tahun mencapai 25,8 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Dari jumlah tersebut, perempuan lebih banyak menderita hipertensi dibandingkan dengan laki-laki.

Penyebab darah tinggi pada usia muda belum diketahui secara pasti. Namun banyak orang yang percaya bahwa terjadinya darah tinggi di usia dini disebabkan oleh gaya hidup yang buruk atau tidak sehat. Selain itu ada juga beberapa penyebab darah tinggi pada usia muda diantaranya:

1. Pola Makan

Pola makan yang buruk yang terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung banyak garam. Makanannya adalah jenis jeroan, makanan cepat saji atau makanan gorengan yang dimasak menggunakan minyak kelapa yang telah digunakan berulang kali.

2. Merokok

Kebiasaan merokok di usia muda terutama dalam jumlah berlebihan sangat rentan terhadap penghambatan suplai darah di arteri ke otak. Nikotin dalam rokok bisa melukai dinding pembuluh darah, mencemari darah dan menghambat kinerja jantung saat memompa darah menyebar ke seluruh penjuru tubuh.

3. Alkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, terutama arteri yang mengarah ke kepala. Jika saraf pusat terganggu maka akan menghambat aliran suplai darah yang mengandung oksigen ke kepala sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat dan tidak bisa dihindari lagi.

4. Kurang Olahraga

Malas berlahraga merupakan penyebab utama tekanan darah tinggi pada usia muda karena tanpa olahraga pembuluh darah tidak akan sehat, saraf tubuh menyempit dan suplai darah baru yang mengandung oksigen tidak memadai.

5. Stress

Stress berat dan berkepanjangan akan menstimulasi pembuluh darah menjadi menyempit dan darah mengalir hingga tercekik. Kondisi ini bisa menekan saraf kepala yang memicu timbulnya hipertensi pada anak kecil.

6. Obesitas atau Kegemukan

Obesitas dapat menyebabkan tekanan darah meningkat karena kelebihan lemak dalam tubuh sehingga dapat menghambat jalannya darah dan memperlambat penyebaran darah ke seluruh sirkulasi darah, terutama ke otak. 50% tekanan darah tinggi meningkat dengan cepat pada remaja yang diduga memiliki berat badan berlebih.

7. Faktor Genetik

Faktor genetik adalah dimana salah satu orang tua atau usia penderita hipertensi yang memiliki atau belum pernah menyembuhkan sangat berpotensi untuk mengurangi penyakit pada keturunannya walaupun pada kenyataannya tidak semua penderita akan mengalaminya.

Risiko terkena darah tinggi dapat dikurangi dengan menerapkan gaya hidup sehat. Pemeriksaan tekanan darah secara teratur juga dapat membantu mendiagnosa pada tahap awal. Meningkatkan diagnosis hipertensi sedini mungkin kemungkinan menurunkan tekanan darah ke tingkat normal. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk perubahan gaya hidup sehat adalah:

  • Diet garam, makan lebih sedikit makanan yang asin.
  • Menghindari pengawet (msg).
  • Berolahraga secara teratur.
  • Menghindari stres.
  • Cukup istirahat.
  • Banyak makan buah-buahan.
  • Menjaga berat badan tetap ideal.
  • Hindari alkohol dan rokok.

Selain itu, penderita darah tinggi usia muda juga harus melakukan pengobatan agar kondisi tidak bertambah serius. Pilihan obat darah tinggi yang tepat yang sangat efektif untuk mengobati darah tinggi. Kami merekomendasikan obat herbal QnC Jelly Gamat yang sudah terbukti mampu mengobati darah tinggi secara alami tanpa efek samping yang membahayakan tubuh. Informasi selengkapnya mengenai khasiat QnC Jelly Gamat yang sangat ampuh mengatasi darah tinggi silahkan klik -> Obat Darah Tinggi Di Apotik

Obat Darah Tinggi Di Apotik

Baca juga

Ciri Ciri Darah Tinggi
Makanan Penyebab Darah Tinggi
Bahaya Garam Untuk Penderita Darah Tinggi
Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Tinggi
Olahraga Sehat Untuk Penderita Hipertensi

Post by: Obat herbal darah tinggi

Penyebab Darah Tinggi Di Usia Muda

7 thoughts on “Penyebab Darah Tinggi Di Usia Muda

  1. Pingback: Kumpulan Aneka Resep Masakan Untuk Darah Tinggi

  2. Pingback: Cara Mengatasi Darah Tinggi Di Usia Muda Secara Alami

  3. Pingback: 6 Minuman Penurun Darah Tinggi Alami Paling Ampuh

  4. Pingback: Manfaat Semangka Untuk Mengobati Darah Tinggi

  5. Pingback: Inilah Bahaya Darah Tinggi Di Usia Muda Yang Harus Diketahui

  6. Pingback: Manfaat Buah Blueberry Untuk Menurunkan Darah Tinggi

  7. Pingback: Benarkah Daun Singkong Bahaya Untuk Darah Tinggi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *